Jawabannya tergantung kepada diri guru BK saat memberikan materi layanan di kelas / klasikal. Materi layanan yang di sampaikan merupakan bagian penting dalam pelaksanaan layanan BK di sekolah. Melalui pengembangan materi Guru BK akan lebih mudah dalam memberikan layanan BK yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Materi BK sebagai pedoman bagi Guru BK dalam mengarahkan aktivitas peserta didik dalam proses pemberian layanan, sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya dimiliki peserta didik.Untuk mempersiapkan materi layanan perlu adannya bahan bimbingan yang digunakan untuk membantu guru BK atau pihak lain dalam melaksanakan kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah. Bahan bimbingan yang dimaksud adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan /suasana yang memungkinkan guru BK untuk membantu peserta didik.
JENIS BAHAN PENGEMBANGAN MATERI
A. BAHAN TERTULIS
Hand-out
Buku
Modul
Lembar Siswa
Brosur
Leaflet
1. HANDOUT
Pernyataan yang telah disiapkan oleh guru BK.
Bahan bimbingan tertulis yang disiapkan oleh guru BK untuk memperkaya pengetahuan peserta didik.
Biasanya diambil dari beberapa literatur yang memiliki relevansi dengan materi yang diberikan
2. BUKU
Bahan bimbingan tertulis yang menyajikan ilmu pengetahuan buah pikir pengarangnya.
Sejumlah lembaran kertas baik cetakan maupun yang dijilid dan diberi kulit.
Ditulis dengan bahasa yang benar dan mudah dimengerti, disajikan secara menarik dilengkapi dengan gambar dan keterangan-keterangannya.
3. MODUL
Sebuah buku yang ditulis dengan tujuan agar peserta didik dapat secara mandiri tanpa/dengan bimbingan guru BK.
Modul akan bermakna kalau peserta didik dapat dengan mudah menggunakannya.
Memungkinkan peserta didik yang memiliki ketekunan dan kecepatan tinggi akan lebih cepat memahami modul yang diberikan.
Disajikan dengan menggunakan bahasa yang baik, menarik dan dilengkapi dengan ilustrasi.
4. LEMBAR SISWA
Lembaran-lembaran berisi tugas atau kegiatan yang harus dilakukan peserta didik.
Tugas teoritis: membaca artikel, meresume, dan mempresentasikan/ditanggapi.
Tugas praktis: survey, wawancara, observasi
5. BROSUR
Bahan informasi tertulis mengenai suatu masalah yang disusun secara bersistem atau cetakan yang hanya terdiri atas beberapa halaman dan lipatan tanpa dijilid.
Selebaran cetakan yang berisi keterangan singkat tetapi lengkap tentang perusahaan atau organisasi.
6. LEAFLET
Bahan bimbingan cetak tertulis berupa lembaran yang dilipat tapi tidak dimatikan/dijahid.
Didesain secara cermat dilengkapi dengan ilustrasi dan menggunakan bahasa yang sederhana, singkat, serta mudah dipahami.
B. BAHAN TIDAK TERTULIS
Wallchart
Foto/gambar
Model/maket
Video/film
Orang/nara sumber
Lingkungan
1. WALLCHART
Bahan bimbingan cetak, biasanya berupa bagan siklus/proses atau grafik yang bermakna untuk menunjukkan posisi tertentu.
Didesain dengan tata warna dan pengaturan proporsi yang baik
2. FOTO/GAMBAR
Hendaknya dirancang dengan baik agar setelah melihat sebuah atau serangkaian foto/gambar siswa dapat melakukan sesuatu yang pada akhirnya mampu mengambil sebuah hikmah dalam rangka pengambilan keputusan.
Melihat sebuah foto/gambar lebih bermakna dari pada membaca atau mendengar.
Didesain secara baik.
3. MODEL/MAKET
Didesain secara baik agar memberikan makna yang hampir sama dengan model aslinya.
Ukuran 1 : 1 atau ukuran yang lebih kecil.
Lebih baik kalau dilengkapi dengan bahan tulisan agar mudah memudahkan guru pembimbing maupun siswa dalam proses bimbingan.
4. VIDEO/FILM
Umumnya dibuat dalam rancangan skenario lengkap, sehingga setiap akhir penayangan video siswa mengambil manfaat dari tayangan tersebut.
Siswa dapat belajar sendiri
Dapat diulang-ulang
Menampilkan sesuatu yang detail dari benda yang bergerak, komplek yang sulit dilihat mata.
Dapat dipercepat maupun diperlambat, dapat diperbesar.
Digunakan sebagai tampilan nyata.
6. ALAT BANTU INTERAKTIF
Kombinasi dari 2 atau lebih media yang oleh penggunanya dimanipulasi untuk mengendalikan perintah dan atau perilaku alami dari suatu presentasi.
Dirancang secara lengkap mulai dari petunjuk penggunaan dan penilaiannya.
Utuk menyiapkan didukung pengetahuan dan keterampilan yang memadai.
CONTOH
PENGEMBANGAN MATERI BIDANG PRIBADI
Judul : BERBAKTI KEPADA ORANG TUA
Tugas perkembangan : Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan yang lebih luas.
Bidang bimbingan : PRIBADI
Jenis layanan : Penguasaan Konten
Kelas/semester : VII/II
Kompetensi : peserta didik dapat bertingkah laku dalam berbakti kepada orang tua
Alokasi waktu : 2×40 menit
Pengembangan materi layanan BK
Guru BK memutarkan Video atau film tentang BUNDA
Video/film dapat di DOWNLOAD DI SINI !!
REFLEKSI
1. Saya selalu memohon maaf kepada ibu setiap hari atas segala kehilafan saya
Komentar ………………………….
2. Saya selalu memeluk ibu setiap pulang sekolah
Komentar …………………………..
3. Saya suka mencium kaki ibu
Komentar …………………………..
4. Saya selalu mengenang semua cinta kasih sayang ibu
Komentar ………………………….
REFLEKSI
1. Saya akan memohon maaf kepada ibu setiap hari atas segala kehilafan saya
Komentar ………………………….
2. Saya akan memeluk ibu setiap pulang sekolah
Komentar …………………………..
3. Pulang sekolah saya akan mencium kaki ibu
Komentar …………………………..
4. Saya akan mengenang semua cinta kasih sayang ibu
Komentar ………………………….
PENILAIAN
Pesan apa yang terkandung dari dari tayangan tadi?
Coba kamu ungkapkan perasaanmu setelah mendapatkan layanan informasi melalui tayangan tentang “IBU” tadi?
Rencana apa yang akan kamu lakukan setelah mendapatkan layanan informasi melalui tayangan tentang “IBU” tadi?
CONTOH
PENGEMBANGAN MATERI BIDANG KARIR
Judul : INFORMASI DUNIA KERJA
Tugas perkembangan : mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan mempersiapkan karir serta berperan dalam kehidupan bermasyarakat.
Bidang bimbingan : KARIER
Jenis layanan : informasi
Kelas/semester : IX/II
Kompetensi : Peserta didik dapat merencanakan pekerjaan atau karir sesuai dengan potensi dan kelayakan daerahnya.
Alokasi waktu : 2×40 menit
Tujuan Pelayanan
1. Pemahaman baru :
Agar peserta didik dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan serta merencanakan dunia kerja atau KARIR yang di tekuninya.
2. Perasaan positif :
Peserta didik dapat merasa senang mendapatkan informasi tentang dunia kerja
3. Rencana kegiatan pelayanan yang akan di laksanakan :
Agar peserta didik dapat informasi jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan ,bakat dan minatnya
Materi : Pengenalan macam-macam jenis pekerjaan
Petani
sopir
pedagang
montir
guru/dosen
klining servis
pegawai kantor
teknisi
polisi/ABRI
salon
perawat
kontraktor
dokter
tukang jahit
bidan
jaksa
Pramugari
pramuwisma
Pilot
pramu niaga
Kegiatan Layanan
guru bertanya kepada siswa tentang jenis-jenis pekerjaan yang diketahuinya
guru menjelaskan beberapa jenis pekerjaan yang diminati peserta didik
guru memberikan contoh jenis pekerjaan yang memiliki prospek yang cerah
Tugas:
Menulis jenis-jenis pekerjaan berikut syarat-syarat yang dibutuhkan
Membuat surat lamaran pekerjaan.
Penilaian
Tes
Jelaskan beberapa contoh pekerjaan yang kamu ketahui
Tulis jenis pekerjaan yang kamu minati
Tulis contoh jenis pekerjaan yang mempunyai prospek cerah pada masa yang akan datang
2. Non tes
Wawancara, angket
Laiseg
U ( Understanding ) : Peserta didik mengetahui jenis pekerjaan yang akan di pilihnya
C ( Confort ) : Peserta didik merasa senang dan terbantu untuk
pekerjaan yang sesuai dengan dirinya
A ( Action ) : Peserta didik akan memilih pekerjaan yang sesuai
dengan kemampuannya
Semoga Bermanfaat, Sumber.
0 Response to "Pengembangan Materi Layanan Bimbingan Klasikal"
Post a Comment