DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 2 JATIKALEN
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GANJIL TAHUN
PELAJARAN 2017/2018
A A.
|
Komponen Layanan
|
Layanan Dasar
|
|
B
|
Bidang Layanan
|
Pribadi
|
|
C
|
Topik / Tema
Layanan
|
Tuhan selalu hadir di dalam hidupku
|
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman
|
|
E
|
Tujuan Umum
|
Peserta didik/konseli dapat memahami kehadiran Tuhan dalam hidupnya
|
|
F
|
Tujuan Khusus
|
1.
Peserta didik/konseli dapat memahami Tuhan selalu hadir di dalam hidupku
2.
Peserta didik/konseli dapat mengenal lebih dekat tanda-tanda kebesaran Allah atau ciptaan tuhan YME
3.
Peserta didik/konseli dapat meningkatkan
iman dan tawqa kepada Tuhan YME
|
|
G
|
Sasaran Layanan
|
Kelas
7...
|
|
H
|
Materi Layanan
|
1. Mengenal Tuhan
2. Tanda-tanda kebesaran
Tuhan YME
3. Pentingnya Iman dan Taqwa pada Tuhan YME,
|
|
I
|
Waktu
|
1 Kali
Pertemuan x 45 Menit
|
|
J
|
Sumber
|
1. Slamet, dkk 2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan
dan Konseling untuk SMP-MTs kelas 7, Yogyakarta,
Paramitra Publishing
2. Prayitno.2015. Keluhuran Iqro’ untuk Kehidupan. Padang: PT.Graha Cipta Media
3.
Triyono, Mastur, 2014, Materi Layanan
Klasikal Bimbingan dan Konseling bidang pribadi, Yogyakarta,
Paramitra
4. Eliasa Imania Eva, Suwarjo.2011.Permainan (games) dalam Bimbingan dan
Konseling.Yogyakarta: Paramitra
|
|
K
|
Metode/Teknik
|
Ceramah, Curah pendapat dan tanya
jawab
|
|
L
|
Media
/ Alat
|
LCD, Power
Point Tuhan Selalu Hadir dalam Hidupku
|
|
M
|
Pelaksanaan
|
||
1.
Tahap Awal /Pedahuluan
|
|||
a. Pernyataan
Tujuan
|
1. Guru BK/Konselor membuka dengan salam dan berdoa
2. Membina hubungan baik dengan peserta
didik
(menanyakan kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3. Menyampaikan
tujuan-tujuan khusus yang akan dicapai
|
||
b. Penjelasan
tentang langkah-langkah kegiatan
|
1. Memberikan
langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab peserta didik
2. Kontrak
layanan (kesepakatan layanan), hari ini kita akan melakukan kegiatan selama 1
jam pelayanan, kita sepakat akan melakukan dengan baik.
|
||
c.
Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
|
Guru BK/Konselor memberikan penejelasan tentang topik yang akan
dibicarakan
|
||
d.
Tahap peralihan
( Transisi)
|
Guru BK/Konselor menanyakan kesiapan
peserta didik melaksanakan kegiatan, dan memulai ke tahap inti
|
||
2. Tahap Inti
|
|||
a.
Kegiatan
peserta didik
|
1. Mengamati
tayangan slide ppt (tulisan, gambar, video)
2. Melakukan
Brainstorming/curah pendapat
3. Mendiskusikan dengan kelompok masing-masing
4.
Setiap kelompok mempresetasikan tugasnya
kemudian kelompok lain menanggapinya, dan seterusnya bergantian sampai
selesai.
|
||
b.
Kegiatan
Guru BK/Konselor
|
1.
Menayangkan media slide power point yang
berhubungan dengan materi layanan
2.
Mengajak peserta didik untuk
brainstorming/curah pendapat
3.
Membagi kelas menjadi beberapa kelompok (6
kelompok)
4.
Memberi tugas (untuk diskusi kelompok)
5.
Menjelaskan cara mengerjakan tugas
6.
Mengevaluasi
hasil diskusi peserta didik
7.
Membuat catatan-catatan
observasi selama proses layanan
|
||
3.
Tahap Penutup
|
1.
Peserta didik menyimpulkan hasil kegiatan
2.
Peserta didik
merefleksi kegiatan dengan mengungkapkan kemanfaatan dan
kebermaknaan kegiatan secara lisan
3.
Guru BK memberi penguatan dan rencana tindak lanjut
4.
Guru BK menutup
kegiatan layanan dengan mengajak peserta didik
bersyukur/berdoa dan mengakhiri
dengan salam
|
||
N
|
Evaluasi
|
||
1. Evaluasi Proses
|
Guru BK
atau konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi :
1. Melakukan Refleksi hasil, setiap peserta didik menuliskan di
kertas yang sudah disiapkan.
2. Mengamati sikap
atau atusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan
3. Mengamati cara peserta didik dalam menyampaikan
pendapat atau bertanya
4. Mengamati cara
peserta didik dalam memberikan
penjelasan terhadap pertanyaan
guru BK
|
||
2. Evaluasi Hasil
|
Evaluasi dengan instrumen yang sudah disiapkan, antara
lain :
1. Evaluasi
tentang suasana pertemuan dengan
instrumen: menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan.
2. Evaluasi
terhadap topik yang dibahas : sangat penting/kurang penting/tidak penting
3. Evaluasi
terhadap cara Guru BK dalam menyampaikan materi: mudah dipahami/tidak mudah/sulit
dipahami
4. Evaluasi
terhadap kegiatan yang diikuti : menarik/kurang menarik/tidak menarik
untuk diikuti
|
||
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Uraian materi/Slide power
point
2.
Lembar kerja siswa
Jatikalen, Juli
2017
Mengetahui
Kepala SMPN 2 Jatikalen Guru
BK
Marzuqoh, S.Pd Fendy Ardianta, S.Pd
NIP 19710616 199703 2
003
Lampiran 1. Uraian Materi
TUHAN
SELALU HADIR DI DALAM HIDUPKU
Mengenal
Tuhan
Ibadah
tidak hanya terfokus pada ibadah dalam masjid, gereja dan sebagainya, tetapi
ibadah dapat mencakup keseluruhan aktifitas hidup kita. Ibadah dapat kita
lakukan dengan hati, dengan lisan dan dengan amal perbuatan sehari-hari. Ada
pepatah mengatakan tak kenal tak sayang, tak sayang tak cinta. Pertanyaannya
sekarang sudahkah kita dicintai Tuhan? Bagaimana kita akan berharap dicintai
Tuhan, sedangkan kita sendiri tidak berusaha mengenalnya! Padahal jelas Tuhan
itu Maha Pengasih dan Penyayang!
Ada
beberapa ikhtiar yang bisa kita lakukan agar kita dapat mengenal lebih
dekat dengan Tuhan kita, yaitu :
1.
Berusahalah merenung dan
berdzikir, bahwa kita ini adalah makhluk yang selalu membutuhkan
pertolongan-Nya, kita adalah ciptaan Tuhan yang selalu merasakan Tuhan hadir
diantara kita.
2.
Bersyukurlah atas semua
karunia nikmat yang diberikan-Nya. Kita diberi kesehatan, kekuatan, dll. Mari
kita gunakan untuk beribadah kepada-Nya. Kita harus selalu bersyukur baik
dikala susah maupun dikala senang
3.
Perkaya diri kita dengan
ilmu pengetahuan, yaitu dengan sungguh dalam belajar.
4. Kalau ilmu
pengetahuan sudah kita dapat, marilah kita gunakan untuk mengkaji
kitab-kitabnya. Agar ibadah kita lebih mantab dan bermakna kalau kita landasi
dengan ilmu pengetahuan yang luas.
5. Berusaha
mengenal tanda-tanda kebesaran Allah atau ciptaan tuhan, diantaranya :
a. Penciptaan
Langit
Langit merupakan ciptaan Allah yang sangat indah. Setiap
manusia yang suka memperhatikan langit, baik di malam hari
maupun siang hari, pasti akan merasakan ketakjuban luar
biasa. Tidak hanya sebatas itu, manusia pun sudah menembus
angkasa untuk mengekplorasi bulan dan planet lainnya.
manusia yang suka memperhatikan langit, baik di malam hari
maupun siang hari, pasti akan merasakan ketakjuban luar
biasa. Tidak hanya sebatas itu, manusia pun sudah menembus
angkasa untuk mengekplorasi bulan dan planet lainnya.
b. Penciptaan
Bumi
Bumi dan segala keindahannya ini sangat kaya dengan ayat-
ayat Allah yang begitu luar biasa. Bahkan, hingga saat ini,
manusia belum mampu mengungkap semua tabir misteri di bumi.
Lautan, gunung-gunung, samudera yang terbentang luas, gurun
pasir, dan yang lainnya sangatlah berkesinambungan serta
penuh hikmah dalam penciptaannya. Semua ini dicipatakan
Allah untuk manusia dan tidak sepantasnya kita ingkar
kepada-Nya.
ayat Allah yang begitu luar biasa. Bahkan, hingga saat ini,
manusia belum mampu mengungkap semua tabir misteri di bumi.
Lautan, gunung-gunung, samudera yang terbentang luas, gurun
pasir, dan yang lainnya sangatlah berkesinambungan serta
penuh hikmah dalam penciptaannya. Semua ini dicipatakan
Allah untuk manusia dan tidak sepantasnya kita ingkar
kepada-Nya.
c. Lautan
Coba kita renungkan bagaimana Allah telah menundukkan
lautan untuk manusia dengan kapal? Dapatkah kita bayangkan
bagaimana kapal-kapal mampu berlayar mengarungi lautan
luas ? Ilmu pengetahuan mengungkapkan bahwa hal ini terjadi
lautan untuk manusia dengan kapal? Dapatkah kita bayangkan
bagaimana kapal-kapal mampu berlayar mengarungi lautan
luas ? Ilmu pengetahuan mengungkapkan bahwa hal ini terjadi
karena adanya perbedaan jenis air laut dan kapal serta
terciptanya
ruang udara yang membuat kapal bisa mengapung. Walaupun
begitu, ilmu pengetahuan hanya mengungkap tetapi tidak
menciptakan. Hal ini semakin mempertegas kekuasaan Allah
dan kebesarannya.
ruang udara yang membuat kapal bisa mengapung. Walaupun
begitu, ilmu pengetahuan hanya mengungkap tetapi tidak
menciptakan. Hal ini semakin mempertegas kekuasaan Allah
dan kebesarannya.
d. Hubungan
Angin dengan Air Hujan
Air hujan yang diturunkan ke bumi oleh Allah adalah nikmat
yang tidak terhingga. Walaupun manusia sudah mampu
membuat hujan buatan, hujan alami ciptaan-Nya tetap tidak
dapat tergantikan. Coba kita bayangkan jika suatu tempat tidak diguyur hujan dalam jangka waktu lama. Daerah itu pasti akan kering kerontang. Saat tempat ini diguyur hujan, maka tumbuhlah
berbagai jenis tumbuhan.
yang tidak terhingga. Walaupun manusia sudah mampu
membuat hujan buatan, hujan alami ciptaan-Nya tetap tidak
dapat tergantikan. Coba kita bayangkan jika suatu tempat tidak diguyur hujan dalam jangka waktu lama. Daerah itu pasti akan kering kerontang. Saat tempat ini diguyur hujan, maka tumbuhlah
berbagai jenis tumbuhan.
e. Awan
Awan merupakan fenomena unik dari sebuah proses terjadi
dan turunnya hujan. Awan diciptakan untuk melindungi manusia
dari terik sinar matahari. Selain itu, awan akan menjadi
dominan saat berlangsung musim hujan. Adanya sirkulasi musim
dan cuaca ini, membuat keseimbangan cuaca bumi akan
terjaga.
dan turunnya hujan. Awan diciptakan untuk melindungi manusia
dari terik sinar matahari. Selain itu, awan akan menjadi
dominan saat berlangsung musim hujan. Adanya sirkulasi musim
dan cuaca ini, membuat keseimbangan cuaca bumi akan
terjaga.
Lampiran
2. Instrumen Penilian
INSTRUMEN
PENILAIAN HASIL
A.
PENGETAHUAN (UNDERSTANDING)
1. Tulislah
kebiasaan-kebiasaan positif dan kekurangan kamu ketika akan melakukan ibadah!
2. Kepada
siapa kamu bersyukur diterima di sekolah ini ?
3. Adakah
campur tangan Tuhan dalam penerimaan ini ?
4. Coba
ceritakan campur tangan Tuhan pada dirimu!
5. Dalam
hal apa saja kamu bersyukur pada Tuhan?
B.
SIKAP/PERASAAN POSITIF (COMFORTABLE)
Berilah tanda cek (V) pada kolom S (setuju) jika
pernyataan sesuai dengan kondisi Anda dan berilah tanda cek (V) pada kolom TS
(tidak setuju) jika pernyataan tidak sesuai dengan kondisi Anda!
NO
|
PERNYATAAN
|
SETUJU
|
TIDAK
SETUJU
|
1.
|
Saya merasa senang menerima materi
layanan BK tentang Tuhan selalu hadir dalam hidupku
|
||
2.
|
Setelah menerima materi layanan BK
tentang Tuhan selalu hadir dalam hidupku, timbul kesadaran sayauntuk melibatkan
Tuhan dalam kehidupan
|
||
4.
|
Setelah menerima materi layanan BK
tentang Tuhan selalu hadir dalam hidupku saya menyadari bahwa saya sering
lupa melibatkan Tuhan dalam kehidupan
|
||
5.
|
Materi layanan BK tentang Tuhan selalu hadir dalam hidupku,
menyadarkan saya akan pentinya melibatkan Tuhan dalam kehiduapn
|
C.
KETRAMPILAN (ACTION)
Setelah menerima materi layanan BK tentang Tuhan
selalu hadir dalam hidupku, melakukan kegiatan dengan :
Tujuan : mengenal kebesaran tuhan melalui ciptaan-Nya
Alat : Gambar dari suatu tumbuhan, sayuran,
atau hewan yang sangat kecil, cotohnya ; lombok warna-warni, nyamuk, semut,
ganggang, rumput, dll
Deskripsi Kegiatan : (dalam buku matari)
INSTRUMEN
PENILAIAN PROSES
(Mengacu Pada Laporan Pelaksanaan)
NO
|
PROSES
YANG DINILAI
|
HASIL
PENGAMATAN
|
KET
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
A
|
Keterlaksanaan program
|
|||
1. Program layanan terlaksana sesuai dengan RPL
|
||||
2. Waktu pelaksanaan sesuai dengan RPL
|
||||
3. Metode yang digunakan variatif dan menarik
|
||||
4. Menggunakan media layanan BK
|
||||
5. RPL minimal terdiri dari Tujuan, Materi Layanan,
Kegiatan, Sumber, Bahan dan Alat, Penilaian
|
||||
B
|
Perolehan Siswa Pasca Layanan
|
|||
1. Peserta didik memperoleh pemahaman baru
|
||||
2. Peserta didik mempunyai perasaan positif
|
||||
3. Peserta didik berkurang masalahnya
|
||||
4. Peserta didik terentaskan masalahannya
|
||||
5. Berkembangnya PTSDL
|
||||
C
|
Perhatian Peserta Didik
|
|||
1. Peserta didik antusias mengikuti materi layanan
BK
|
||||
2. Peserta didik aktif bertanya
|
||||
3. Peserta didik aktif menjawab
|
||||
4. Peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan
konselor
|
||||
5. Peserta didik hadir semua
|
||||
D
|
Kesesuaiaan Program
|
|||
1. Program disusun sesuai dengan kebutuhan peserta
didik
|
||||
2. Materi layanan sesuaikebutuhan peserta didik
|
||||
3. Materi layanan sesuai tugas perkembangan peserta didik
|
||||
4. Materi layanan mengacu pada sumber yang jelas
|
||||
5. Program dilaksanakan sesuai waktu yang telah
ditentukan
|
Mengetahui
Kepala SMPN 2 Jatikalen Guru
BK
Marzuqoh, S.Pd Fendy Ardianta, S.Pd
NIP 19710616
0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL) BIMBINGAN KLASIKAL SEMESTER GANJIL 2017/2018"
Post a Comment