RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL) BIMBINGAN KLASIKAL SEMESTER GANJIL 2017/2018






PEMERINTAH KABUPATEN NGANJUK
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 2 JATIKALEN
Ds. Ngasem, Kec. Jatikalen, 64392, Email : smpn2jatikalen@gmail.com


 

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
A  ­­­­­­­­­­­­­A.
Komponen Layanan
Layanan Dasar
B
Bidang Layanan
Pribadi
C
Topik / Tema Layanan
Tuhan selalu hadir di dalam hidupku
D
Fungsi Layanan
Pemahaman
E
Tujuan Umum
Peserta didik/konseli dapat memahami kehadiran Tuhan dalam hidupnya
F
Tujuan Khusus
1.   Peserta didik/konseli dapat memahami Tuhan selalu hadir di dalam hidupku
2.   Peserta didik/konseli dapat mengenal lebih dekat tanda-tanda kebesaran Allah atau ciptaan tuhan YME
3.   Peserta didik/konseli dapat meningkatkan iman dan tawqa kepada Tuhan YME
G
Sasaran Layanan
Kelas 7...
H
Materi Layanan
1.     Mengenal Tuhan
2.     Tanda-tanda kebesaran Tuhan YME
3.     Pentingnya Iman dan Taqwa pada Tuhan YME,
I
Waktu
1 Kali Pertemuan x  45 Menit
J
Sumber
1.  Slamet, dkk 2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMP-MTs kelas 7, Yogyakarta, Paramitra Publishing
2.  Prayitno.2015. Keluhuran Iqro’ untuk Kehidupan.    Padang: PT.Graha Cipta Media
3.  Triyono, Mastur, 2014, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling bidang pribadi, Yogyakarta, Paramitra
4. Eliasa Imania Eva, Suwarjo.2011.Permainan (games) dalam Bimbingan dan Konseling.Yogyakarta: Paramitra
K
Metode/Teknik
Ceramah, Curah pendapat dan tanya jawab
L
Media / Alat
LCD, Power Point Tuhan Selalu Hadir dalam Hidupku
M
Pelaksanaan
1. Tahap Awal /Pedahuluan
a.   Pernyataan Tujuan


1.  Guru BK/Konselor membuka dengan salam dan berdoa
2.  Membina hubungan baik dengan peserta didik
      (menanyakan kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3.   Menyampaikan tujuan-tujuan khusus yang akan dicapai
b.  Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
1. Memberikan langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab peserta didik
2. Kontrak layanan (kesepakatan layanan), hari ini kita akan melakukan kegiatan selama 1 jam pelayanan, kita sepakat akan melakukan dengan baik.
c. Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
Guru BK/Konselor memberikan penejelasan tentang topik yang akan dibicarakan
d. Tahap peralihan
     ( Transisi)
Guru BK/Konselor menanyakan kesiapan peserta didik melaksanakan kegiatan, dan memulai ke tahap inti
2. Tahap Inti
a.       Kegiatan peserta didik
1.     Mengamati tayangan slide ppt (tulisan, gambar, video)
2.     Melakukan Brainstorming/curah pendapat
3.     Mendiskusikan dengan kelompok masing-masing
4.     Setiap kelompok mempresetasikan tugasnya kemudian kelompok lain menanggapinya, dan seterusnya bergantian sampai selesai.

b.      Kegiatan Guru BK/Konselor
1.     Menayangkan media slide power point yang berhubungan dengan materi layanan
2.     Mengajak peserta didik untuk brainstorming/curah pendapat
3.     Membagi kelas menjadi beberapa kelompok (6 kelompok)
4.     Memberi tugas (untuk diskusi kelompok)
5.     Menjelaskan cara mengerjakan tugas
6.     Mengevaluasi hasil diskusi peserta didik
7.     Membuat catatan-catatan observasi selama proses layanan

3. Tahap Penutup
1.     Peserta didik menyimpulkan hasil kegiatan
2.     Peserta didik merefleksi kegiatan dengan mengungkapkan  kemanfaatan dan kebermaknaan kegiatan secara lisan
3.     Guru BK memberi penguatan dan rencana tindak lanjut
4.     Guru BK menutup kegiatan layanan dengan mengajak peserta didik bersyukur/berdoa dan mengakhiri dengan salam
N
Evaluasi

1.  Evaluasi Proses
Guru BK atau konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi :
1.  Melakukan Refleksi hasil, setiap peserta didik menuliskan di kertas yang sudah disiapkan.
2.  Mengamati sikap atau atusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan
3.  Mengamati  cara peserta didik dalam menyampaikan pendapat atau bertanya
4.  Mengamati cara peserta didik dalam memberikan penjelasan terhadap pertanyaan guru BK
2.  Evaluasi Hasil
Evaluasi dengan instrumen yang sudah disiapkan, antara lain :
1.  Evaluasi tentang  suasana pertemuan  dengan instrumen: menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan.
2.  Evaluasi terhadap topik yang dibahas : sangat penting/kurang penting/tidak penting
3.  Evaluasi terhadap cara Guru BK  dalam  menyampaikan materi: mudah dipahami/tidak mudah/sulit dipahami
4.  Evaluasi terhadap kegiatan yang diikuti : menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk diikuti





LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.       Uraian materi/Slide power point
2.       Lembar kerja siswa

     
                                                                                                                            Jatikalen,  Juli 2017
Mengetahui
Kepala SMPN 2 Jatikalen                                                                                       Guru BK



Marzuqoh, S.Pd                                                                                              Fendy Ardianta, S.Pd
NIP  19710616 199703 2 003                                                                                         











Lampiran 1. Uraian Materi

TUHAN SELALU HADIR DI DALAM HIDUPKU

Mengenal Tuhan
Ibadah tidak hanya terfokus pada ibadah dalam masjid, gereja dan sebagainya, tetapi ibadah dapat mencakup keseluruhan aktifitas hidup kita. Ibadah dapat kita lakukan dengan hati, dengan lisan dan dengan amal perbuatan sehari-hari. Ada pepatah mengatakan tak kenal tak sayang, tak sayang tak cinta. Pertanyaannya sekarang sudahkah kita dicintai Tuhan? Bagaimana kita akan berharap dicintai Tuhan, sedangkan kita sendiri tidak berusaha mengenalnya! Padahal jelas Tuhan itu Maha Pengasih dan Penyayang!
                Ada beberapa ikhtiar yang bisa kita lakukan agar kita dapat mengenal lebih dekat  dengan Tuhan kita, yaitu :

1.       Berusahalah merenung dan berdzikir, bahwa kita ini adalah makhluk yang selalu membutuhkan pertolongan-Nya, kita adalah ciptaan Tuhan yang selalu merasakan Tuhan hadir diantara kita.
2.       Bersyukurlah atas semua karunia nikmat yang diberikan-Nya. Kita diberi kesehatan, kekuatan, dll. Mari kita gunakan untuk beribadah kepada-Nya. Kita harus selalu bersyukur baik dikala susah maupun dikala senang
3.       Perkaya diri kita dengan ilmu pengetahuan, yaitu dengan sungguh dalam belajar.
4.       Kalau ilmu pengetahuan sudah kita dapat, marilah kita gunakan untuk mengkaji kitab-kitabnya. Agar ibadah kita lebih mantab dan bermakna kalau kita landasi dengan ilmu pengetahuan yang luas.
5.       Berusaha mengenal tanda-tanda kebesaran Allah atau ciptaan tuhan, diantaranya :
a.       Penciptaan Langit
Langit merupakan ciptaan Allah yang sangat indah. Setiap
manusia yang suka memperhatikan langit, baik di malam hari
maupun siang hari, pasti akan merasakan ketakjuban luar
biasa. Tidak hanya sebatas itu, manusia pun sudah menembus
angkasa untuk mengekplorasi bulan dan planet lainnya.
b.      Penciptaan Bumi
Bumi dan segala keindahannya ini sangat kaya dengan ayat-
ayat Allah yang begitu luar biasa. Bahkan, hingga saat ini,
manusia belum mampu mengungkap semua tabir misteri di bumi.
Lautan, gunung-gunung, samudera yang terbentang luas, gurun
pasir, dan yang lainnya sangatlah berkesinambungan serta
penuh hikmah dalam penciptaannya. Semua ini dicipatakan
Allah untuk manusia dan tidak sepantasnya kita ingkar
kepada-Nya.
c.       Lautan
Coba kita renungkan bagaimana Allah telah menundukkan
lautan untuk manusia dengan kapal? Dapatkah kita bayangkan
bagaimana kapal-kapal mampu berlayar mengarungi lautan
luas ? Ilmu pengetahuan mengungkapkan bahwa hal ini terjadi
karena adanya perbedaan jenis air laut dan kapal serta terciptanya
ruang udara yang membuat kapal bisa mengapung. Walaupun
begitu, ilmu pengetahuan hanya mengungkap tetapi tidak
menciptakan. Hal ini semakin mempertegas kekuasaan Allah
dan kebesarannya.
 
d.      Hubungan Angin dengan Air Hujan
Air hujan yang diturunkan ke bumi oleh Allah adalah nikmat
yang tidak terhingga. Walaupun manusia sudah mampu
membuat hujan buatan, hujan alami ciptaan-Nya tetap tidak
dapat tergantikan. Coba kita bayangkan jika suatu tempat tidak diguyur hujan dalam jangka waktu lama. Daerah itu pasti akan kering kerontang. Saat tempat ini diguyur hujan, maka tumbuhlah
berbagai jenis tumbuhan.
e.      Awan
Awan merupakan fenomena unik dari sebuah proses terjadi
dan turunnya hujan. Awan diciptakan untuk melindungi manusia
dari terik sinar matahari. Selain itu, awan akan menjadi
dominan saat berlangsung musim hujan. Adanya sirkulasi musim
dan cuaca ini, membuat keseimbangan cuaca bumi akan
terjaga.

Lampiran 2. Instrumen Penilian

INSTRUMEN
PENILAIAN HASIL

 
A.      PENGETAHUAN (UNDERSTANDING)

1.    Tulislah kebiasaan-kebiasaan positif dan kekurangan kamu ketika akan melakukan ibadah!
2.    Kepada siapa kamu bersyukur diterima di sekolah ini ?
3.    Adakah campur tangan Tuhan dalam penerimaan ini ?
4.    Coba ceritakan campur tangan Tuhan pada dirimu!
5.    Dalam hal apa saja kamu bersyukur pada Tuhan?

B.       SIKAP/PERASAAN POSITIF (COMFORTABLE)
Berilah tanda cek (V) pada kolom S (setuju) jika pernyataan sesuai dengan kondisi Anda dan berilah tanda cek (V) pada kolom TS (tidak setuju) jika pernyataan tidak sesuai dengan kondisi Anda!

NO
PERNYATAAN
SETUJU
TIDAK SETUJU
1.
Saya merasa senang menerima materi layanan BK tentang Tuhan selalu hadir dalam hidupku


2.
Setelah menerima materi layanan BK tentang Tuhan selalu hadir dalam hidupku, timbul kesadaran sayauntuk melibatkan Tuhan dalam kehidupan


4.
Setelah menerima materi layanan BK tentang Tuhan selalu hadir dalam hidupku saya menyadari bahwa saya sering lupa melibatkan Tuhan dalam kehidupan


5.
Materi layanan BK  tentang Tuhan selalu hadir dalam hidupku, menyadarkan saya akan pentinya melibatkan Tuhan dalam kehiduapn




C.       KETRAMPILAN (ACTION)
Setelah menerima materi layanan BK tentang Tuhan selalu hadir dalam hidupku, melakukan kegiatan dengan :
Tujuan : mengenal kebesaran tuhan melalui ciptaan-Nya
Alat        : Gambar dari suatu tumbuhan, sayuran, atau hewan yang sangat kecil, cotohnya ; lombok warna-warni, nyamuk, semut, ganggang, rumput, dll
Deskripsi Kegiatan : (dalam buku matari)

 INSTRUMEN
PENILAIAN PROSES
(Mengacu Pada Laporan Pelaksanaan)


NO
PROSES YANG DINILAI
HASIL PENGAMATAN
KET
YA
TIDAK
A
Keterlaksanaan program




1.     Program layanan terlaksana sesuai dengan RPL




2.     Waktu pelaksanaan sesuai dengan RPL




3.     Metode yang digunakan variatif dan menarik




4.     Menggunakan media layanan BK




5.     RPL minimal terdiri dari Tujuan, Materi Layanan, Kegiatan, Sumber, Bahan dan Alat, Penilaian



B
Perolehan Siswa Pasca Layanan




1.     Peserta didik memperoleh pemahaman baru




2.     Peserta didik mempunyai perasaan positif




3.     Peserta didik berkurang masalahnya




4.     Peserta didik terentaskan masalahannya




5.      Berkembangnya PTSDL



C
Perhatian Peserta Didik




1.     Peserta didik antusias mengikuti materi layanan BK




2.     Peserta didik aktif bertanya




3.     Peserta didik aktif  menjawab




4.     Peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan konselor




5.     Peserta didik hadir semua



D
Kesesuaiaan Program




1.     Program disusun sesuai dengan kebutuhan peserta didik




2.     Materi layanan sesuaikebutuhan peserta didik




3.     Materi layanan sesuai tugas  perkembangan peserta  didik




4.     Materi layanan mengacu pada sumber yang jelas




5.     Program dilaksanakan sesuai waktu yang telah ditentukan





Mengetahui
Kepala SMPN 2 Jatikalen                                                                                    Guru BK



Marzuqoh, S.Pd                                                                                          Fendy Ardianta, S.Pd
NIP  19710616                                                                                        






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL) BIMBINGAN KLASIKAL SEMESTER GANJIL 2017/2018"

Post a Comment